Skip to main content

Rahasia kecepatan Ducati Desmosedici GP15 di MotoGP saat trek lurus dan tikungan

Rahasia kecepatan Ducati Desmosedici GP15 di MotoGP saat trek lurus dan tikungan. Race MotoGP sesi pembuka yang digelar di sirkuit Losail Qatar yang sekaligus membuahkan torehan manis bagi "The Doctor" Valentino Rossi.

Meskipun kemenangan ada di pihak Yamaha, namun tak dapat dipungkiri jika begitu banyak khalayak pecinta MotoGP yang begitu terpukau dengan penampilan Ducati GP15 Desmosedici yang sangat impresif. Dengan begitu tangguhnya, motor pabrikan Italia yang ditunggangi oleh duo Andrea (Andrea Dovizioso dan Andrea Iannone) itu melahap satu persatu tikungan Losail dengan mulus dan lincah. Kedigdayaan Ducati GP15 bahkan bukan hanya terlihat di tikungan saja. Duo Honda Repsol dan duo Yamaha pun sempat beberapa kali diasapi oleh rider asal Italia tersebut saat berada di trek lurus.

Dari hasil pertandingan MotoGP Qatar lalu dapat disimpulkan bahwa kekuatan Ducati GP15 bukan cuma isapan jempol belaka karena Ducati GP15 juga terlihat begitu perkasa di semua sesi termasuk sesi free practise, sesi kualifikasi dan juga saat live race. Begitu berbedanya performa Desmosedici GP15 tahun ini dibandingkan tahun lalu tentu membuat publik bertanya-tanya. Apa yang membuat Ducati Desmosedici GP15 jauh lebih cepat dan lincah.

Menarik lainnya: #Jadwal siaran langsung MotoGP 2015 di Trans7

Direktur tehnik Ducati Gigi Dall’lgna melalui sesi wawancara yang digelar oleh motogp.com pun membeberkan beberapa alasannya terkait performa Ducati yang meningkat drastis. Berikut adalah beberapa perubahan Ducati GP15 yang berhasil di rangkum oleh berjibaku.com selengkapnya.

Ducati Desmosedici GP15
Ducati Desmosedici GP15 dengan winglet baru (image credit: ducati.com)

Bagian sayap (winglet fairing) berventilasi, batok hingga riding position yang berubah

Jika diperhatikan secara seksama, terdapat perubahan drastis di bagian sayap depan GP15 jika dibandingkan dengan Ducati GP14 yang digunakan tahun lalu. Ducati GP15 menggunakan sayap atau winglet khusus yang pernah digunakan oleh Casey Stoner pada tahun 2010.

Ada alasan khusus mengapa Ducati menggunakan winglet berventilasi ini. Selain untuk membuat motor menjadi lebih aerodinamis dengan memecah angin ke bagian bawah, winglet juga bisa menghasilkan daya tekan (down force) yang bisa menghasilkan kestabilan baik saat trek lurus maupun saat masuk dan keluar tikungan.

Dengan peranti ini tentunya membuat Ducati GP15 menjadi lebih stabil dan membuat ban depan tetap mencengkram aspal meskipun dengan kecepatan tinggi sehingga Ducati tak pernah kehilangan momentum untuk menambah kecepatan dengan lebih responsif dan maksimal.

Selain melakukan perubahan pada bagian fairing, Ducati juga merombak bagian depan hingga riding position yang lebih menukik. Selain ingin membuat posisi duduk rider menjadi lebih nyaman, alasan besar lainnya adalah untuk membuat aerodinamika motor semakin maksimal.

Filosofi kerjasama tim dan komunikasi

Krisis gelar juara nampaknya telah membuat Ducati melakukan perombakan yang cukup besar di semua sektor. Hal ini juga di amini oleh Gigi Dall'lgna, Direktur tehnik Ducati yang menjelaskan bahwa Ducati telah melupakan filosofi masa lalunya dimana mekanik mesin hanya untuk mesin dan mekanik sasis hanya untuk sasis.

Kini kerjasama tim telah menjadi bagian penting dari setiap kemenangan Ducati dimana seluruh tim bekerja bersama tanpa adanya kesulitan untuk berkomunikasi sehingga masukan tentang sasis bisa saja datang dari tim mesin dan juga sebaliknya.

Peningkatan sektor mesin desmodromic khas Ducati

Tak seperti motor pabrikan asal Jepang yang menggunakan sistem pneumatic valve, Ducati GP15 tetap mempertahankan mesin desmodromic khas Ducati yang sangar sekaligus "liar". Meskipun dengan mesin yang cukup rumit, namun dengan penggunaan winglet serta perubahan di beberapa sektor membuat handling Ducati terbukti menjadi jauh lebih stabil meskipun digeber hingga kecepatan diatas 340km/jam.

Penggunaan ban keras

Tanpa merasa diuntungkan oleh kebijakan Dorna yang memperbolehkan Ducati untuk tetap menggunakan ban lunak hingga akhir tahun ini, namun kenyataannya Ducati justru menggunakan ban keras seperti yang diterapkan oleh Yamaha dan Honda. Dan efeknya ternyata tipe ban "hard" justru membuat performa Ducati GP15 menjadi jauh lebih meningkat.

Kunci kesuksesan Ducati GP15 adalah pembalapnya

Secepat dan sebagus apa pun motornya tentu tak akan berarti tanpa adanya pembalap bernyali besar dengan kemampuan yang tinggi. Hal inilah yang ditunjukkan oleh kedua pembalap Ducati, Dovi dan Iannone.

Menarik lainnya: #Daftar pembalap MotoGP 2015

Meskipun hanya menyandang juara ke-2 dan ke-3, namun keduanya telah sukses membuktikan kepada publik bahwa Ducati GP15 merupakan kekuatan baru di MotoGP yang patut di perhitungkan terutama oleh duo Honda dan Yamaha. Beberapa pengamat bahkan yakin jika GP15 tunggangan Dovi dan Iannone ini bahkan jauh lebih cepat daripada yang pernah digunakan oleh Stoner di tahun 2007 hingga 2010 silam.

Comments

Popular posts from this blog

Profil, Biodata, Foto dan Instagram Emre Kivilcim Pemeran Selim Di Film Drama Serial Elif SCTV

Profil, Biodata, Instagram Emre Kivilcim Pemeran Selim Di Film Drama Serial Elif SCTV . Mungkin belum terlalu banyak dari Anda yang mengenal dengan baik siapa itu sosok aktor tampan bernama Emre Kivilcim. Namun tentu hal tersebut dapat dimaklumi mengingat film yang dibintangi oleh aktor muda ini memang tayang siang hari. Ya, nama Emre Kivilcim mulai dikenal luas di Indonesia melalui drama serial TV berjudul Elif yang tayang setiap hari Senin hingga Jum'at pukul 12:30-14.30 WIB. Serial Elif atau Elif Dizisi merupakan film drama seri yang dirilis tanggal 15 September 2014 lalu di Turki yang disiarkan oleh stasiun televisi lokal setempat, Kanal 7. Selain melibatkan sejumlah aktor tampan serta aktris cantik, film drama seri ini juga dikemas dengan alur cerita yang cukup bagus serta menghibur dengan mengambil  setting  tempat di kota Istanbul, Turki. Selim atau Salim merupakan salah satu tokoh dalam film Elif yang diperankan oleh aktor tampan Turki bernama Emre Kivilcim yang kini hanga

Kode Bank BCA, Mandiri, BNI, BRI dan list kode ATM Bersama seluruh Indonesia

Kode Bank BCA, Mandiri, BNI, BRI dan list kode ATM Bersama seluruh Indonesia . Saat hendak melakukan pembayaran maupun transfer antar bank melalui mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM), kesulitan klasik yang paling umum terjadi adalah lupa mengingat kode bank yang dituju atau mungkin memang belum mengetahuinya. Meskipun sebagian besar kode dari bank sudah tertera di mesin ATM, namun tentu untuk mencarinya akan memakan waktu yang cukup lama mengingat jumlah bank yang begitu banyak sehingga Anda harus klik tombol " Selanjutnya >>" untuk mendapatkan kode bank yang dicari. Selain bisa menghemat waktu, mengetahui kode bank terlebih dahulu sebelum melakukan proses transfer tentunya akan membuat transaksi akan jauh lebih cepat dan mudah untuk dilakukan. Oleh karenanya, pada kesempatan kali ini berjibaku.com akan membagikan informasi mengenai daftar kode Bank BCA, Mandiri, BNI, BRI dan list kode ATM Bersama seluruh Indonesia yang bisa Anda gunakan. Untuk mencari Bank yang diingin

Kumpulan Foto-Foto Lucu Valentino Rossi Bareng Pembalap MotoGP

Kumpulan Foto-Foto Lucu Valentino Rossi Bareng Pembalap MotoGP . MotoGP dan dirinya memang seakan sudah sangat identik. Terhitung hingga saat ini ia sudah 19 tahun berkarir di ajang balap motor internasional. Dengan rentang waktu yang demikian panjang, tentu hal tersebut merupakan sebuah bentuk konsistensi yang luar biasa yang bisa di contoh pembalap lain dari dirinya. Valentino Rossi yang lahir pada tanggal 16 Februari 1979 di Urbino, Italia mengawali debut pertamanya di tahun 1996 bersama Aprilia RS125. Kemenangan demi kemenangan ia torehkan hingga ia mampu meraih titel juara dunia di 4 kelas berbeda hanya dalam waktu tujuh tahun berkarier. Sebuah majalah Amerika, Sports Ilustrated menyebutkan jika Vale merupakan salah seorang pembalap tersukses sepanjang masa sekaligus satu-satunya pembalap yang mampu menyabet 9 gelar Juara Dunia di masa karirnya. Selain piawai diatas motor-motor balap miliknya, ia juga merupakan seorang legenda hidup, entertainer sejati, mentor bagi pembalap-pemba